Jumat, 13 Juli 2012

Unnormal isn't Boring


Normal is Boring – REVIEW
 
 
Semuanya berawal dari tweet @Aulion yang ini :


Di sore hari yang tidak kelabu, setelah membaca tweet itu aku langsung berasumsi kalau buku yang di-twitpic-kan Aulion itu adalah buku super yang mesti dibaca di 2012 ini. Sebelum membeli dan membaca Normal is Boring, aku sempat membaca beberapa review dari para pembaca di blog mereka. Ajaib, rasa tertarik untuk memiliki buku ini semakin tinggi. Satu kata yang terngiang adalah bahwa buku ini “kreatif”. Dan dari hasil mencari informasi tentang buku ini aku jadi tahu kalau buku ini berbeda dari buku lain, bukan saja dari isinya tapi juga dari acara merilis bukunya. YUNO? Normal is Boring ternyata dirilis di sebuah pemakaman umum terkemuka di Jakarta, sangat berbeda bukan dengan buku lain yang biasanya dirilis di toko buku, mall atau taman sekalipun, untuk info lebih lanjut bisa klik disini

Mungkin tulisan di postingan ini nggak sebagus dan serapi tulisannya Mbak Ira Lathief di Normal is Boring tapi, aku hanya ingin sedikit berbagi informasi dan komentarku tentang buku ini kepada siapa saja yang membaca blog ini.

YA. Aku akan mulai membahas tentang sampul Normal is Boring.


 
Latar berwarna putih, ada tulisan Normal is Boring berwarna hitam dan bercetak tebal, sebuah garis halus dibawahnya, beberapa kata bercetak kecil yang menjelaskan garis besar buku ini berwarna merah dibawahnya lagi serta lambang Gramedia di pojok kanan atas. Sekilas, sampul buku ini memang terlihat biasa saja bahkan cenderung membosankan. Tapi jika diperhatikan lebih lanjut, bukankah sampul ini kreatif? Lihatlah! Ia ingin menunjukkan bahwa sesuatu yang normal (seperti sampul-sampul pada umumnya) adalah sesuatu yang boring. Exactly, ya, tidakkah kita bosan dengan sampul-sampul buku yang umumnya bergambar dan berwarna-warni? Sesuatu yang berbeda memang kreatif, seperti yang disebutkan pada Bab. 2 buku ini yang mengangkat judul Dare to Be Different.

Kedua, desain isi buku.
Jujur ya, aku ini memang orang yang menilai sesuatu dari sampulnya dan sering kali penilaian itu salah besar. Termasuk terhadap buku ini. Awalnya aku pikir buku yang tergolong tipis ini akan berisi penuh dengan tulisan-tulisan tapi, ternyata tidak. Malah, kita akan dibuat fun dalam membacanya. Karena desain buku ini yang memang kreatif, banyak ilustrasi sehingga tidak terfokus pada banyaknya tulisan. Di setiap judul bab selalu ada hal-hal unik yang bukan hanya berisi tulisan judul dan ilustrasi yang biasa-biasa saja.
Berikut adalah 4 contoh halaman judul bab yang tidak normal dalam Normal is Boring :
1    1. Think the Opposite


2   2. Think the Opposite 3


     3. Be Unique


4   4.  Can You Change Your Perspective? 




Dari 4 contoh diatas dapat dibuktikan bahwa Unnormal isn't Boring.

Ketiga, isi.

Secara keseluruhan buku ini membahas tentang contoh-contoh kesuksesan orang yang berpikir kreatif dan unnormal. Pada bab terakhir juga dimuat Tips Kretivitas dalam 3 poin yang sebenarnya secara garis besar adalah rangkuman dari contoh-contoh kreativitas orang-orang sukses pada bab-bab sebelumnya.

Berikut adalah 2 bab terfavoritku dalam Normal is Boring :
11. Living the Extraordinary Life
Bab ini bercerita tentang seorang pemuda Malaysia bernama David Tan yang melamar pacarnya Kelly Tan E Li dengan cara yang luar biasa sweet. David membawa kekasihnya itu dengan mobil pada suatu malam sehabis merayakan Valentine’s day. Tepat tengah malam, mobil mereka melewati billboard raksasa yang terpasang di jalan bebas hambatan. David mengajak kekasihnya keluar dari mobil dan melamar sang gadis tepat dibawah billboard itu dan sang gadis menerimanya.
How romantic he is <3

22. Kreativitas vs Kegilaan
Dalam bab ini diceritakan bahwa ada seorang pria Inggris yang ketika ia kehabisan ide menulis buku What Every Man Thinks About Apart From Sex, ia malah menerbitkan buku itu dengan 200 halaman kosong. Bukannya tidak laku, buku tersebut malah menuai sukses luar biasa, bahkan berhasil mengalahkan penjualan buku Harry Potter dan Da Vinci Code di penjualan Amazon.com.

Hal kreatif dan menarik lainnya adalah :
11. Buku ini dibaca dari kanan.
22. Pembaca diminta memberi judul buku dengan versi mereka sendiri dengan cara menempelkan stiker yang terselip didalam buku lalu menempelkannya pada halaman belakang (kiri) buku.
Dannnn. It’s mine, hehe

Dan di akhir kalimat, aku Cuma mau nulis bahwa Normal is Boring sangat direkomendasikan untuk anda semua yang berniat untuk lebih kreatif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar